LifestylePostsTravel
Trending

Traveling Naik Kereta Api, Ini Yang Harus Kamu Perhatikan!

traveling dengan kereta api

 

Tips Traveling dengan Kereta Api

Tak jarang kesibukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari membuat badan mudah lelah dan pikiran mudah stress. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan semangat adalah dengan pergi traveling. Ya kan.., tidak salah lagi traveling adalah salah satu hal yang paling dinantikan ketika musim liburan tiba. Banyak moda transportasi yang dapat digunakan untuk traveling, namun salah satu yang paling banyak diminati ternyatah.. adalah traveling naik kereta api. Sebelum bepergian dengan kereta api, pastikan bahwa kamu sudah lihat jadwal kereta ya supaya tidak salah kereta atau lebih parah lagi ketinggalan kereta.

Banyak traveler lebih memilih kereta api karena nyaman, aman. Relatif cepat dibandingkan transportasi darat lainnya dan harga tiketnya juga lebih terjangkau dibandingkan pesawat. Terlebih lagi jika musim liburan seperti ini.

Seperti yang sudah pernah aq ceritakan di artikelku sebelumnya. Kalau aq pribadi sebenarnya lebih sering bepergian menggunakan pesawat. Tapi belakangan ini aq suka naik kereta api. Jika tidak diburu waktu dan mau liburan santai. Karena memang perkembangan perkeretaapian saat ini bagus. Tambah nyaman naik kereta api juga.

Traveling digadang-gadang bisa memberikan suntikan energi positif dan semangat baru buat kita loh. Tapi be careful guys!, jangan juga jadi boomerang malah bikin stress karena kita kurang persiapan. Ini ada beberapa tips buat kamu-kamu yang mau traveling dengan kereta. Ini yang harus kamu perhatikan :

lihat jadwal kereta itinerary travel by train

Rencanakan Perjalanan dari Jauh Hari 

Agar perjalanan dengan kereta api kalian lancar, aman, dan nyaman maka kamu perlu merencanakan perjalanan kalian dari jauh-jauh hari.

Terlebih lagi sekarang tiket kereta bisa dibeli sekitar 90 hari sebelum waktu keberangkatan. Jadi alangkah lebih baiknya jika kamu beli tiket kereta paling tidak dua minggu atau satu bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Dengan begitu kita bisa memilih kursi yang diinginkan dan bisa mengantisipasi kehabisan tiket. Apalagi di musim liburan seperti ini. 

Hindari Memesan Tiket Pada Puncak Liburan 

Selanjutnya.. untuk menunjang keamanan, kelancaran, dan kenyamanan saat melakukan perjalanan dengan kereta api, sebaiknya kamu tidak membeli tiket ketika masa puncak musim liburan.

Di waktu-waktu ini biasanya harga tiket kereta api akan menjadi lebih mahal. Dan kemungkinan bagi kita untuk kehabisan tiket akan semakin besar, karena tingginya antusiasme masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api. 

Memesan Tiket Melalui OTA

Jika takut kehabisan tiket kamu bisa memesan tiket melalui OTA loh. Salah satunya kamu bisa membeli tiket seperti yang biasa aq gunakan, pakai aplikasi melalui Traveloka.

So.. kamu tidak perlu berdesak-desakan dan antri ketika membeli tiket menjelang puncak musim liburan. Selain itu, dengan membeli tiket melalui Traveloka itu bisa mengantisipasi kemungkinan untuk kehabisan tiket.

Menariknya lagi Traveloka sering mengadakan promo-promo tertentu pada saat-saat tertentu juga. Salah satu contohnya adalah pada musim liburan seperti ini.

Selain itu membeli tiket melalui Traveloka juga memberikan beberapa keuntungan bagi kalian seperti harganya yang lebih terjangkau, adanya jaminan keamanan, dan juga cara pemesanannya yang mudah yaitu melalui situs resmi ataupun Traveloka App. 

Siapkan Identitas Lengkap 

Jangan lupa bawa KTP ya, atau identitas lain. Salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah menyiapkan identitas lengkap.

Ketika melakukan perjalanan dengan kereta, kesamaan identitas yang ada di tiket dengan kartu tanda pengenal kamu adalah wajib hukumnya. Sebenarnya, mau traveling naik kereta api atau naik pesawat atau moda transportasi lainnya teteup wajib bawa identitas diri lengkap ya.

Pastikan kamu sudah menyiapkan identitas lengkap di dompet ataupun di pouch kamu ya! Atau kamu bisa menyimpannya di tempat yang strategis atau ditempat yang dapat kalian raih dengan mudah. 

Kenakan Pakaian yang Nyaman 

Sudah bukan rahasia lagi bila bepergian dengan kereta api adalah pilihan yang tepat karena kita bisa menikmati sensasi bepergian yang fun, melihat pemandangan indah dari jendela, dengan aman dan nyaman.

Namun akan lebih menyenangkan lagi bila kalian juga mengenakan pakaian yang nyaman saat berada di kereta. Tidak perlu memakai pakaian yang super duper bagus kayak mau pesta siy haha.. . Tapi cukup yang nyaman buatmu. Seperti dari bahan katun yang adem dan lembut.

Pilih jenis baju yang simpel supaya kamu bisa leluasa untuk bergerak dan tentunya yang cocok untuk dikenakan di kereta. Jangan pakai yang ribet banyak tali rumbai rumbai gitu deh.. takutnya malah nyangkut. Pakaian ketat juga sebaiknya dihindari supaya tubuh kita nyaman bernafas dan bergerak.

 

snack cemilan camilan untuk di kereta api

Jangan Lupa Bawa Camilan, Buku, atau Film Favorit

Karena perjalanan di kereta biasanya butuh waktu lumayan, pasti lama-kelamaan akan menimbulkan rasa bosan bagi kamu.

Nah, ini yang harus buatqu juga. Secara aq doyan makan hmm.. untuk mengantisipasi rasa bosan yang tiba-tiba saja datang melanda tanpa permisi, kamu bisa sambil ngemil camilan favorit, membaca buku favorit, juga bisa menonton film yang kamu suka.

Jangan lupa siapkan semuanya sebelum kalian naik ke kereta ya!Β 

Oh ya.. pastikan pakai earphone atau headphone ya kalau lagi nonton atau dengerin musik. Supaya kamu tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

traveling naik kereta api

Jangan Lupa Periksa Barang Bawaan Kalian Secara Teliti 

Ketika traveling naik kereta api ataupun moda transportasi umum lainnya, keamanan barang-barang yang kamu bawa adalah tanggung jawab kamu sendiri. Jadi, untuk menghindari kehilangan barang bawaan, kamu harus pastikan kelengkapan barang-barangmu sebelum turun dari kereta.

Ada baiknya juga jika kamu membawa barang yang benar-benar diperlukan saja. Sehingga kamu tidak perlu kerepotan membawa banyak barang ketika traveling dan juga untuk menghindari barang yang tertinggal di kereta api. 

Nah traveling dengan kereta api bisa menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Terlebih lagi jika kamu perginya bareng sama teman-teman.

Namun sekali lagi, sebelum pergi kamu harus memastikan bahwa kamu sudah lihat jadwal kereta dengan teliti yaaa..!. Supaya tidak terjadi kesalahan seperti ketinggalan kereta atau salah jadwal keberangkatan. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba beberapa tips melakukan perjalanan dengan kereta api diatas. 

Related Articles

One Comment

  1. blank Eko Nurhuda says:

    Nah, berkaitan dengan yang dibahas di sini, satu hal yang bikin aku suka kereta api itu harga tiketnya ajeg. Tetap. Mau pesan kapan aja, baik musim liburan atau hari biasa, harganya sama. Cuma kalau pas musim liburan jadi banyak pembeli, jadinya suka kehabisan tiket. Makanya memang betul sekali belilah tiket jauh-jauh hari. Selain biar kebagian tiket, juga biar lebih leluasa pilih tempat duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

COVID-19

Corona Virus is impacting the world