BlogLifestyle

Tradisi Meramal dengan Ampas Kopi

            Meramal dengan ampas kopi akhir-akhir ini nampak mulai populer di kalangan selebriti. Padahal kebiasaan ini sudah dikenal cukup lama oleh para penduduk Manggarai, Flores. Salah satu manfaat ampas kopi buat mereka ya dipakai meramal.

So guys… selain enak untuk diminum, kopi punya manfaat juga untuk kesehatan, kecantikan bahkan kopi untuk inspirasi penulis. Lanjut lagi untuk mempererat keakraban, makanya kalau hangout banyak yang sambil ngopi, eh ini ada satu lagi.. untuk meramal nasib.

Bukan hanya di Flores, sebenarnya di Luar Negeri juga mengenal tradisi meramal ini. Akan kita bahas lain waktu ya negara mana aja yang suka manfaatkan ampas kopi untuk meramal.

Meramal?? Ngapain juga ya kok membahas tentang ramal-meramal, bukan melamar #eh haha. Sebenarnya meramal ini di kalangan masyarakat Indonesia perkotaan sering menimbulkan pro dan kontra. Karena sebagian mengatakan tak ada manfaat, dan syirik. Bahkan ada yang mengharamkan.

Untuk yang tidak setuju dengan ramalan ya tidak apa. (termasuk saya sebenarnya siy). Anggaplah ini sebatas pengetahuan dan penambah wawasan. Istilah kerennya #kepo aja sih.

manfaat-ampas-kopi-untuk-meramal-1

Manfaat Ampas Kopi untuk Toto Kopi

Di sana di Flores meramal pola ampas kopi ini sudah menjadi sesuatu yang biasa seperti kebiasaan mereka minum kopi. Untuk sekedar kongkow-kongkow atau menikmati kebersamaan bersama keluarga. Bahkan sebenarnya ini merupakan adat tradisional di sana.

Istilah Meramal disana itu dinamakan Toto Kopi.

Toto=Meramal

            Toto kopi namanya, sebuah ritual yang mirip dengan acara ramal lain yang dilakukan menjelang dilaksanakan sebuah upacara adat. Toto urat namanya, yang melakukap peramalan akan waktu yang harus dipilih untuk melaksanakan upacara adat besar di Manggarai. Namun bukan menggunakan ampas kopi melainkan dengan melihat urat pada hewan yang akan dikorbankan dalam ritual.

Cara Melakukan Toto Kopi

  1. Acara meramal tentu dimulai dengan mengobrol santai bersama dalam menikmati acara ngopi tersebut.
  2. Setiap orang yang akan diramal meminum kopinya sendiri dalam mug atau cangkir sendiri.
  3. Jika acara minum kopi sudah selesai makan akan tersisa ampas kopi yang berada di bagian dasar mug atau cangkir bekas minum kopi.
  4. Selanjutnya balikan mug atau cangkir tersebut pada piring ceper.
  5. Lalu biarkan sampai ampas kopi mengering hingga membentuk pola tertentu.
  6. Dari pola inilah sang peramal bisa meramal nasih seseorang.

Jadi keahlian membaca pola ampas kopi ini dibutuhkan seorang peramal. Biasanya mereka diajarkan turun temurun. Bagaimana mengetahui pola ampas kopi dengan hidup si peminum kopinya itu.

Hasil Ramalan

            Hasil ramalannya boleh Anda percaya boleh tidak. Tapi satu yang pasti, meramal dengan ampas kopi membuat acara kumpul-kumpul menjadi lebih semarak.

Bagaimana tidak, ketika nasib seseorang dibacakan maka akan muncul berbagai komentar. Begitupun ketika ramalan asmaranya disebutkan. Anda bisa bayangkan betapa tersipu-sipunya orang yang diramal apabila ramalannya ia sedang jatuh cinta atau akan segera menikah.

Jadi bukan sekadar benar atau tidaknya ramalan melainkan kemeriahan acara ngopi tersebut. Soal meramal tentu menjadi urusan peramal dengan yang diramal. Termasuk subjektifitas yang diberikan sang peramal, terlepas dari benar atau tidaknya ramalan tersebut.

Penasaran untuk mencobanya? Konon kabarnya Kini beberapa kedai kopi juga menyediakan pelayanan ini. Oh yaa.. bukan hanya di Flores tetapi ternyata di Kerinci, Jambi ada yang memakai manfaat ampas kopi untuk meramal. Mereka di sana juga mengenal tradisi meramal dengan ampas kopi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button