BlogFoodsPosts

Proses Kopi Luwak

Proses Pembuatan Kopi Luwak Secara Alami

            Proses pembuatan kopi luwak yang tidak sebentar serta keunikan adalah beberapa faktor yang membuat kopi luwak ini menjadi kopi yang termahal di dunia. Kali ini aq akan kasih gambaran singkat seperti apa Proses Kopi Luwak ini.

Tentu Anda penasaran bukan dengan proses pembuatannya? Kali ini kita bahas ya mengenai pembuatan terjadinya kopi luwak yang tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga di dunia. Ini adalah proses pembuatan kopi secara natural yang melibatkan musang luwak.

proses-kopi-luwak
Civet – Musang Luwak

Sudah pada tahu semua kan yaa.. kalau kopi luwak berasal dari kotoran hewan musang Luwak. So, terkadang masih ada pro kontra mengenai kopi luwak haram atau halal.

Back to the topic. Diawali dengan menanam kopi kualitas baik di perkebunan kopi. Lalu saatnya panen kopi, saatnya musang luwak untuk makan biji kopi. Silakan simak alurnya seperti dibawah ini ya.

PROSES KOPI LUWAK

Panen Kopi

            Perkebunan kopi yang buahnya sudah merah adalah pertanda bahwa buah tersebut siap untuk dipanen. Jika sudah begini tanpa aba-abapun biasanya para musang luwak sudah langsung memilih dan melahap kopi-kopi yang sudah matang ini.

Biasanya para Luwak ini menyukai Kopi Robusta. Jenis kopi yang biasa ditemui di Indonesia selain kopi Arabika.

Konon luwak-luwak ini hanya akan memilih biji kopi berkualitas baik saja. Dari satu pohon hanya 2 biji kopi yang terbaik yang diambilnya setiap kali makan.

biji kopi makanan musang luwak

Menangkar Musang Luwak

            Untuk dapat mengumpulkan kotoran luwak dengan lebih mudah maka area perkebunan dijadikan pula area penangkarang musang luwak ini. Sehingga para pekerja perkebunan dengan mudah mengumpulkan kotoran-kotoran luwak di pagi hari. Entah yang tercecer di perkebunan atau di kandang yang disediakan.

Namun di penangkaran ini juga disediakan pakan lain untuk musang luwak. Ini sebagai tindakan untuk menepis anggapan bahwa mereka mengeksploitasi lawak musang dalam produksi kotorannya.

Proses Membersihkan

            Next process, setelah itu, tahap berikutnya adalah tahap membersihkan kotoran luwak yang telah dikumpulkan. Untuk menjamin kualitas kopi luwak yang dihasilkan maka kotoran tersebut harus dibersihkan sampai betul-betul bersih.

Pembersihan dilakukan secara berulang-ulang dengan air bersih yang mengalir. Gunanya tentu untuk membersihkan berbagai mikroba, dll yang terkandung di dalam kotoran musang luwak tersebut.

Sehingga yang diambil hanya biji-biji kopinya saja yang sudah benar-benar bersih.

Penjemuran

            Setelah dicuci bersih, tahap selanjutnya yaitu proses penjemuran. Biji kopi yang telah dibersihkan dijemur di bawah sinar matahar hingga benar-benar kering secara merata agar terbebas dari jamur atau kapang yang menempel pada kopi.

Selanjutnya diproses lebih lanjut hingga dapat dimanfaatkan biji kopinya saja.  Mulai dari proses basah dan seterusnya hingga biji kopi siap disangrai.

Karena jumlah biji kopinya sedikit dan kotoran musang juga terbatas, menjadikan kopi ini tidak bisa diproduksi secara besar-besaran. Pantas kan harganya mahal. Karena jumlahnya juga tidak banyak.

musang luwak

            Itulah proses pembuatan kopi luwak secara alami. Fermentasi yang dilakukan pada pencernaan luwak ini adalah nilai tambah pada kopi terbaik yang dipilih musang luwak ini.

Sehingga selain memiliki wangi dan rasa yang khas kopi luwak bermanfaat untuk kesehatan. Tertarik untuk mencoba? Siap-siap untuk merogoh kocek cukup dalam. Tetapi untuk penikmat kopi sejati, harga mahal bukanlah masalah.

Apalagi kebetulan kopi luwak yang konon termahal di dunia ini, berasal dari negara kita sendiri. Sehinga so pasti harga disini bisa lebih murah karena langsung dari produsen kita.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button