Posts

Nikmati Naik Kereta Gajayana Eksekutif

Rangkaian Kereta Luxury Generasi 2 

Hai kamu yang suka traveling, pasti sering naik kereta api juga kan. Sebagai alternatif transportasi selain pesawat terbang, bus atau kapal laut. Sudah pernah nikmati kereta Gajayana Eksekutif?. Yup, kali ini aq mau kasih info lengkap tentang kendaraan dengan style futuristik ini. Penasaran…? yuk lanjut..

Jika kamu termasuk salah satu orang yang sering bolbal alias melakukan perjalanan bolak balik dari Jakarta menuju Malang ataupun sebaliknya tentu tidak akan asing dengan jenis kereta api ini.

Gajayana dikenal sebagai Kereta Eksekutif

Kereta api gajayana dikenal sebagai salah satu kereta api eksekutif yang dikeluarkan oleh PT KAI, dengan jurusan Jakarta-Malang serta sebaliknya. Dalam perjalanannya yang menghubungkan kedua kota besar tersebut, kereta api gajayana ini melalui dua stasiun utama, yaitu Stasiun Gambir yang berada di kota Jakarta serta Stasiun Kotabaru Malang.

Oleh Syaifan Bahtiar Nirwansyah - Karya sendiri, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=79729692

Dikenal sebagai salah satu kereta api eksekutif, beberapa waktu lalu kereta api gajayana dilengkapi dengan gerbong kereta sleeper yang dikenal dengan nama Luxury. Kita bisa bobok bobok cantiq di kereta bagai sleeping beauty gitu hehe *ngareps.

Untuk penambahan dari gerbong Luxury generasi pertama itu dilakukan pada tahun 2018 lalu. Sedangkan generasi kedua baru saja dimunculkan beberapa waktu lalu. Tentunya tambah bikin nyaman perjalanan kita.

Beroperasi sejak Mei 2019

Kereta Luxury 2 yang mulai dirangkaikan pada gerbong kereta  gajayana ini sudah mulai beroperasi sejak Mei 2019 dan menjadi salah satu bentuk persiapan untuk kereta lebaran dengan kondisi yang nyaman bagi para penumpangnya.

Meskipun kehadirannya tidak jauh berbeda dari kereta Luxury generasi pertama, namun dengan naik kereta gajayana eksekutif generasi kedua ini ada beberapa perbedaan berbagai macam hal.

Seperti pada kapasitas tempat duduk, pada Luxury 1 hanya memiliki kapasitas tempat duduk dengan jumlah 18 saja. Sedangkan pada Luxury 2, kapasitas tersebut bertambah hingga jumlah yang disediakan pun mencapai angka 26.

Selain itu, minat masyarakat pada penggunaan kereta Luxury yang berhubungan dengan kereta gajayana pun terus meningkat. Hal ini terlihat melalui persentase para pengguna kereta tersebut yang menunjukkan sejumlah angka peningkatan setiap harinya.

Berbagai Kelebihan Kereta Gejayana

Untuk kereta Luxury yang mulai dirangkaikan pada kereta api gajayana, yang dikenal sebagai jenis kereta eksklusif, tentunya tersedia fasilitas tidak jauh berbeda dengan kereta bisnis.

nikmati-Kereta-Gajayana-Eksekutif

Hal ini ditunjukkan melalui berbagai macam kelebihan yang dimilikinya. Seperti halnya kelebihan pada posisi tempat duduk. Sandaran pada jok kursi dapat direbahkan hingga 140 derajat. So.. kereta ini sering disebut sleeper seat train.

Sementara itu, kursi tersebut pun dapat diputar hingga 180 derajat. Jadi kamu bisa hadap-hadapan plus tatap-tatapan dengan orang yang kamu kasihi.. #eh haha. Sebenernya siy maksudnya jadi enak buat meeting atau diskusi kalo lagi perjalanan dinas gituh. Atau sekedar mengusir rasa bosan.

Selain beberapa kelebihan di bagian atas tadi, bagi yang seringkali gampang merasa pegal di perjalanan, *faktor U, mungkin, gak perlu perlu khawatir pula. Pasalnya setiap kursi telah dilengkapi dengan keberadaan sandaran kaki elektrik, sehingga menjadikan kaki kita terjaga dengan lebih aman dari rasa lelah.

Kemudian ada pula fasilitas pendukung lainnya, seperti halnya USB Charging Power, ini wajib banget nih hari gini gak bisa lepas dari gadget. Trus ada televisi, portable food tray, selimut, bantal, handuk wajah, serta berbagai macam fasilitas kecil lainnya.

Sementara itu, aq dan kalian yang hobi ngemil, pun tidak perlu khawatir. Karena kereta ini dilengkapi dengan berbagai macam jenis makanan, baik itu makanan ringan, berat hingga minuman. Ada pula minibar yang tentunya akan menyediakan jenis minuman yang kamu sukai juga snack yang dapat dikonsumsi sepuasnya.. nikmat banget yah.

Sementara itu, untuk pelayanan yang lebih nikmat lagi memuaskan, kereta ini juga dilengkapi dengan keberadaan pramugari. Kakak pramugari pramugara tentunya dengan senang hati membantu mendapatkan apa yang kita butuhkan dengan lebih mudah.

Namun untuk mendapatkan semua kenikmatan layanan dari kereta api ini tentunya kita harus membayar harga yang cukup tinggi. Ya mehong itu wajar ya untuk fasilitas dan kenyamanan perjalanan jarak jauh. Kan cukup lama itu kita berjam-jam di kereta.

Harga Tiket

Good newsnya, ada harga promo loh. Untuk saat ini karena keberadaan kereta Luxury sebagai bagian kereta api gajayana masih terbilang baru, maka harga tiket yang ditawarkannya pun masuk dalam harga tiket promo.

Tarif promosi tersebut adalah Rp. 1 juta untuk perjalanan yang dilakukan dari tanggal 26 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019. Sedangkan untuk saat ini tentunya telah diberlakukan tarif normal yang nilainya berada di atas Rp. 1 juta untuk satu kali perjalanan yang dilakukan.

Sementara itu, untuk proses pemesanan tiket sendiri kamu bisa lakukan dengan lebih mudah. Bisa beli langsung melalui loket di stasiun Gambir yang ada di Jakarta atau pun stasiun Kotabaru Malang.

Kalo lagi mager, tapi mau pesan tiket, maka cobalah untuk melakukan akses online pada website resmi KAI. Pesan online jauh lebih mudah, Penggunaan aplikasi KAI bisa kamu cari di internet yah guys. Atau kamu gugling situs penjualan tiket online, tersedia cukup banyak situs di mesin pencari. 

Tags

Related Articles

One Comment

  1. Max Obadja says:

    Kebetulan baca bisa buat rekomendasi ortu yg mau jalan jalan ke bandung pake kereta nih…. Nice..!!! Sangat berguna terima kasih bunda Lisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button