Beauty & HealthBlog

Manfaat Buah Limau untuk Mengolah Makanan

Ada yang belum tahu buah limau? pastilah sudah pada tahu semua lah yaa.. limau itu keluarganya jeruk. Manfaat buah limau untuk mengolah makanan membuat buah ini menjadi buah wajib yang ada di dapur, tentu karena karakter dari buah limau ini. Membuatnya
memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah termasuk masalah Ibu-Ibu dengan rutinitas memasaknya sehari-hari. Berikut khasiat yang dapat diperoleh untuk aktivitas memasak Anda:

Manfaat Buah Limau untuk Mengolah Makanan
– Menghilangkan Bau Amis

Buah Limau termasuk salah satu jenis jeruk yang terbilang cukup ampuh untuk
menghilangkan bau amis ketika Anda memasak ikan. Jeruk ini berbentuk bulat lonjong kecil berwarna hijau kekuningan. Limau mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Karena tanaman ini mudah tumbuh dimana saja. Selain buahnya, daunnya pun sering dijadikan bumbu maskakn.

Untuk masakan ikan yang baerbau amis, limau digunakan menghilangkan bau tak sedap tersebut. Selain bau amis hilang citarasa
ikan menjadi lebih lezat. Itulah sebabnya jika Anda memasak ikan maka melumuri ikan dengan limau,
setelah ikan dibersihkan dapat Anda lakukan sebelum mengolah ikan menjadi sebuah
hidangan istimewa. Baik untuk digoreng, dibakar atau dipanggang.

Manfaat Buah Limau untuk Mengolah Makanan

Menambah Aroma dan Citarasa yang Menggugah Selera

Kandungan aroma citrus yang khas dan kuat pada buah limau ini memberikan aroma yang khas juga pada masakan. Masyarakat Indonesia menyukai aroma limau yang segar. Sehingga walaupun menu yang diolah tidak berbau amis, perasan air dari jeruk limau ini juga turut disertakan ke dalam berbagai jenis masakan. Misalnya pada Soto Ayam atau bebek bakar, rendang kerang, sup iga sapi,
sate kambing, sambal terasi, dll.

Mengurangi Lemak pada Masakan

Masakan tradisional Indonesia cenderung berlemak. Penggunaan banyak santan dan daging pada rendang atau santan pada opor menjadikan makanan Indonesia lezat tapi berlemak. Bakso dengan kuah kaldu full tetelan sangat enak. Tetapi untuk yang sedang berdiet, lemak ini cukup mengganggu. Tentunya keinginan kita supaya bisa meluruhkan lemak tersebut. Masakan akan menjadi lebih sehat.

Jika yang Anda masak adalah bahan-bahan makanan berlemak maka menambahkan perasan air limau tentu membuat Anda tidak begitu merasa bersalah. Pasalnya air perasan limau dapat meluruhkan lemak yang terdapat pada bahan makanan tersebut. Dengan begitu, kandungan lemak dalam masakan yang Anda olah menjadi lebih sedikit.

Buah Limau_Lime_Citrus

Membantu Mencuci Peralatan Dapur

Jika Anda sudah membuat hidangan lezat dengan bahan santan, dengan lemak yang banyak ditambah dengan aroma rempah yang menyengat, maka air perasan limau ini akan menjadi penolong Anda. Lemak yang menempel pada peralatan dapur cenderung susah dibersihkan. Selain dapat menghilangkan noda pada peralatan masak Anda dengan cepat juga dapat menghilangkan aroma atau bau tajam pada peralatan masak Anda. Dengan begitu tidak merusak aroma masakan saat Anda memasak menu yang lain.

Itulah beberapa manfaat buah limau untuk mengolah makanan. Mulai dari keperluan persiapan sebelum memasak, proses memasak, finishing hingga proses pencucian alat masak ketika selesai memasak, keren kan. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan perasan limau secara langsung atau dari daunnya. Selalu sediakan bebearapa butir limau di kulkas anda. Selamat memasak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button