BlogTechnology

Keracunan Layar Komputer, Membuat Mual

Rabu malam lalu, aku menderita mual hebat dan pusing teramat sangat. Badanku lemas seperti orang yang telah salah makan alias keracunan. Tenggorokan kering dan mata terasa berat, menatap layar komputer menunggu proses saving yang tidak kunjung selesai. Hang.., komputerku hang dan badankupun mulai tidak mau kompromi. Dengan berat hati, aku merasa wajib untuk shut down, membiarkan hasil kerja keras beberapa jam tadi tidak tersimpan. Desain yang aku buat entah ter-update atau tidak, aku harus segera menyingkir dari paparan sinar layar MacBook ini.

Keracunan Layar KomputerLayar komputer bisa bikin keracunan? 
Benarkah?

Keracunan layar monitorCeritanya begini, sudah dua minggu ini  aku kembali bekerja dari rumah. Aku memutuskan untuk bekerja di rumah sementara waktu, dan menyerahkan urusan perusahaanku di Jakarta kepada wakilku di sana. Setelah sarapan dan anak-anak berangkat sekolah, jam 7 pagi, aku langsung menyalakan PC, numpang di meja anakku.
Banyak hal yang masih harus diselesaikan juga dipelajari. Keasikan bekerja kadang membuatku lupa jam makan. Terlambat makan siang dan hanya istirahat sebentar, sholat dan mengecek pekerjaan si mbak pembantu di belakang rumah, lalu lanjut lagi sampai jam 5 sore anak-anak pulang sekolah.
Sehabis maghrib aku meneruskan bekerja di meja kerjaku sendiri di ruang atas. Menghidupkan MacBook dan.. lanjuutt… terkadang sampai lewat tengah malam.
Kalau dipukul rata mungkin ada 12 jam sehari kuhabiskan depan layar komputer. Bukan melulu tentang pekerjaan, tetapi juga asik mengutak-utik blog, kegiatan yang beberapa bulan ini mulai kutekuni kembali.
Dulu punya dua blog di WP tak terurus karena kesibukan pekerjaan. Sekarang seperti sudah menjadi kebutuhan untukku yang hobi nulis, memiliki sebuah blog pribadi ataupun website.
Untuk urusan bisnis, gampang aku serahkan kepada web designer temanku ahlinya, dibuatkan, bayar, selesai.  Bukan ambisi sampai jago bahasa pemrograman instan sekejap. Tapi, menurutku sebaiknya kita juga mengerti, paling tidak hal umum  untuk bisa mengoperasikan sendiri, atau troubleshooting.  Sekedar merubah sedikit tampilan, juga postingan. Apalagi saat ini sudah banyak software, widget/gadget, plug in yang begitu memudahkan.
Keracunan Makanan
Aku harus belajar banyak, karena sudah selayaknya seperti memiliki rumah baru, kita harus mengerti dan mengenali apa isi dan bentuk rumah kita. Belajar mengenai blog dan website dengan Learning by Doing. Aku mengganti template blog sampai tiga kali. Berjam-jam kemudian dipenuhi dengan urusan domain, cPanel, html, alexa rank and so on..
Keracunan Layar KomputerAku memang menyukai desain, entah itu interior ruangan atau desain apapun. Sehingga sungguh asik mengatur tata letak blog dan belajar membuat desain website. Alhasil.. ternyata secara tidak sadar, sudah terpapar sinar dari layar komputer berjam-jam. Dan efeknya membuat seperti keracunan. Memasuki minggu ketiga, Rabu malam itu, aku kena sindrom layar komputer, ambruk, drop and down. Aku jadi teringat artikel lama yang mengatakan bahaya sinar salah satu film kartun Jepang di televisi, untuk jangka panjang bisa menyebabkan penyakit ayan, oh no… (kata artikel yaa.. ga tanggung jawab benar apa nggak nya haha..)
Kamis pagi, aku hanya sekilas menatap komputer tanpa berani menyentuhnya. Karena mendekatinya saja membuatku mual. Seperti berpuasa, sehari penuh. Seharian aku istirahat, bedrest. Berusaha tidak memikirkan, tetapi sulit untuk tidak terpikir akan pekerjaan yang belum selesai. Karena menyangkut realisasi planning minggu depan. Sudah lama pula aku tidak apdet fesbuk dll. Hanya sesekali melihat fesbuk dan apdet twitter dari handphone.
Hari Jum’at, aku membuka komputer tidak sampai satu jam. Melakukan hal yang betul-betul penting saja. Butuh waktu beberapa saat lagi untuk bercengkerama dengan komputer seperti biasa. Sampai saat ini, sabtu pagi hari. Aku buka lagi MacBook, lalu mencoba menuliskan ceritaku di blog ini, sambil berharap semua kembali normal.

Tags

Related Articles

26 Comments

  1. yuli yulia says:

    hihihi mak lis..musti dipijit tuuhh,,,kayanya masuk angin berat jadi berefek pada kompinya hehehe

  2. Titi Alfa Khairia says:

    Hmmm.. harus waspada ya Mak

  3. rifki pelajar says:

    Paling kalau saya terlalu lama, mati jadi kabur aja

  4. mungkin karena kurang istirahat aja mbak.., karena kerja depan komputer ..kelamaan duduk, lupa makan, lupa minum… jadikecapean gitu…. 🙂
    salam kenal

  5. efek terlalu lama saat berhadapan dengan layar komputer adalah bisa terkena paparan radiasi yang gejalanya mirip dengan orang yang keracunan, tapi sebenarnya pengaruh radiasi ini kontaminasinya hanya pada mata saja, namun ketika terkena, ya pusing mual-mual , mirip benar dengan keracunan,
    sebaiknya bila mulai ada gejalanya, istirahatkan saja dulu mata sejenak dari layar komputer… ,
    semoga bisa kembali sehat dan beraktifitas seperti sediakala..salam sukses selalu dari Makassar 🙂

  6. saya belum pernah samapi mual-mual mas, tapi waktu yang banyak saya habiskan di depan laptop membuat mata saya merah, sakit dan sakit serta perih. Obatnya saya istirahatkan mata pakai kantung bubuk teh yang sebelumnya di seduh air hangat

  7. Mata lelah.
    Jangan nonstop mbak Lisa. Nanti bukannya pekerjaan cepat selesai malah jadi sakit.
    Smg segera bisa aktivitas normal kembali.

  8. Lisa Gopar says:

    betul mak yul… menanti pijatanmu nihh hahaha…

  9. Lisa Gopar says:

    Sepertinya ada benarnya sebagian karena itu mbak, kurang istirahat 🙁 hiks
    Salam kenal juga mbak Nova

  10. Lisa Gopar says:

    Iya mak, semoga menjadi masukkan buat emak2 yg hobi manteng di depan layar kompie.. supaya nggak bablas sepertiku 😀

  11. Lisa Gopar says:

    Iya betul mbak Sari.. Asik dan seru

  12. Lisa Gopar says:

    Wah aku dipanggil mas… yoswis ndakpapa hehe
    tp sarannya bagus banget pakai teh.. sip

  13. Lisa Gopar says:

    Iya mbak Niken, suka jadi lupa waktu..
    Hal seperti ini menjadi teguran 🙂
    Terima kasih ya mbak.. semoga

  14. Lisa Gopar says:

    Iya mas Yanto, sepertinya sinarnya dan radiasinya ke mata itu yg memicu. Karena mataku juga minus 🙂
    Terima kasih doanya

  15. Lisa Gopar says:

    🙂 kabur dari depan komputer 🙂 good Rifki..

  16. Lisa Gopar says:

    Aamin.. semoga
    Tq mbak Diana

  17. BlogS of Hariyanto says:

    sama2 terimakasih juga ya 🙂

  18. Istirahat mba klo udah ngerasa capek bgt..hehe
    jangan dipaksain.

  19. Edi - aura ide says:

    Pernah mengalami mata berair, dan tidak bersentuhan sama komputer selama perawatan 2 minggu, setelah itu membatasi diri hanya 1/2 jam didepan monetor, dan ada jeda minimal 2 jam kalau ingin ngenet lagi. Alhamdulillah tidak berair lagi!

    Nb.
    Sebagai Pemenang Lomba Puisi Cinta Untuk Kekasih,Alamat lengkap kami tunggu, tinggal anda yang belum kirim!

  20. Lisa Gopar says:

    Iya nih Mel.. Sktg ga berani lg maksain diri..
    capek istirahat 🙂
    tengkyiu Melly

  21. Lisa Gopar says:

    Wah sampai iritasi ya matanya? Apa karena mataku juga minus ya..Alhamdulillah sembuh ya.

    Oh iya, waktu itu belum sempat :), sekarang sudah di email alamatnya.
    Terima kasih

  22. Maya Siswadi says:

    jadi bukan karena layarnya, karena telat makannya? masuk angi keknya yaa

  23. Mbak…silakan browsing tentang macbook hurt my eyes. Embak bukan satu2nya. Saya pun salah satu korbanya. Menatap macbook membuat mata saya ceat lelah,kering,kabur,dan ujung2nya mual….seperti orang mabuk kendaraan….

    Ya…banyak juga orang di luar sana yg mengalami hal serupa… Macbook really really hurt me… so sad…:(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker