BlogIndonesian History

Kabupaten Bekasi Dulu dan Kini 

Beberapa tahun saya tinggal di Bekasi dan menjadi warga Bekasi. Karena wilayah Bekasi yang luas, kemudian dipecah dua menjadi Bekasi Kota dan Bekasi Kabupaten. Saya tinggal di wilayah Bekasi Kota. Sekarang sudah pindah balik ke Jakarta. Tapi saat ini yang mau saya bahas adalah tentang kabupatennya. Berbicara Kabupaten Bekasi dulu dan sekarang sepertinya tidak akan pernah
mudah untuk dijabarkan.

Walaupun jika kita lihat sekilas, pembangunan memang terjadi di mana-mana. Perubahan bangunan yang satu ke bangunan yang
lainnya selalu terjadi dari waktu ke waktu. Komplek-komplek perumahan yang satu disusul dengan perumahan yang lain. Gedung yang satu sudah ditambah dengan puluhan gedung-gedung lainnya yang tak kalah tinggi dan megah. Apartemen yang satu tumbuh disusul dengan apartemen lainnya. Dan banyak fasilitas lain yang membuat Kabupaten ini terlihat lebih modern.

Tapi mari kita lebih dekat. Apakah pembangunan ini bisa menjadi representasi bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi sudah sejahtera? Jawabannya, belum. Bagaimana pelayanan kesehatan yang masih memprihatinkan, pendidikan yang belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama putra daerah. Putera daerah asli dari kabupaten Bekasi ternyata banyak yang masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Sekalipun mereka sudah menyelesaikan sekolah mereka sampai ke jenjang tertentu, atau bahkan tidak sedikit sarjana yang masih menganggur. Apalagi ketika berbicara perekonomian yang nyatanya masih ada masyarakat Kabupaten Bekasi yang berada di bawah garis kemiskinan.

Kabupaten Bekasi Dulu dan Kini

Warna Kabupaten Bekasi tentunya sudah berubah dari masa ke masa. Namun tidak semua bisa menikmati indahnya warna warni Kabupaten di Jawa Barat ini. Hanya segelintir orang yang beruntung karena dari dulu sudah memiliki keluarga sejahtera. Bisa juga karena ia menjadi beberapa diantara sekian banyak masyarakat lokal yang berhasil lulus dalam kompetisi untuk bisa
mengecap sebuah kata “makmur”. Bahkan ketika suatu pekerjaan atau jabatan harus dibeli dengan sejumlah uang. Bukan karena kemampuan atau kualitas yang dimiliki seorang individu. Hal ini tentu masih menjadi keprihatinan yang harus segera diubah.

Kabupaten Bekasi tempo doeloe
Kabupaten Bekasi Zaman Dulu Sumber foto : wikipedia

 

Padahal seharusnya Bekasi bisa berlari lebih cepat. Semua urusan yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak sudah bukan lagi menjadi persoalan. Tapi lebih pada hal lain untuk menjadikannya menjadi sebuah Kabupaten yang hebat. Bagaimana tidak, Bekasi sangat dekat dengan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Sangat dekat pula dengan berbagai program nasional yang sedang berjalan di Ibu Kota. Dengan industrialisasi yang berkembang jauh lebih pesat daripada kota lainnya.

Potensi Percepatan atau Akselerasi

Kabupaten Bekasi yang memiliki banyak potensi untuk bisa melakukan percepatan atau akselerasi dalam peningkatan kesejahteraan. Seharusnya Kabupaten Bekasi sudah bisa berada di urutan teratas dalam percepatan pengentasan masalah kemiskinan. Percepatan dalam urusan kesejahteraan rakyatnya. Seharusnya Bekasi sudah bisa menjadi sebuah wilayah dengan masyarakat yang adil, makmur, dan sentausa. Sebagai wilayah dengan kondisi perekonomian masyarakatnya yang sudah ada di kelas ideal. Hingga masyarakat kabupaten Bekasi bisa mengecap satu rasa yang benama Happiness bersama-sama. Tidak hanya golongan tertentu saja tapi semua kelas.

Sayangnya fakta yang terjadi masih jauh dari harapan. Masih jauh dari yang seharusnya bisa dilakukan. Dan semua itu bersumber dari kompetensi seorang pemimpin. Pemimpin yang seharusnya dengan kepemimpinannya mampumelakukan tindakan yang tepat dan cepat dalam membuat sebuah formulasi yang bisa melakukan percepatan pembangunan. Terutama dari sektor ekonomi yang merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan vital bagi masyarakat. Sebuah formulasi yang dibuat dengan memanfaatkan seluruh potensi, sumberdaya yang ada yang sesungguhnya bisa digunakan untuk percepatan ekonomi di berbagai sektor perekonomian.

Karena itu Bekasi butuh sosok pemimpin yang bijaksana. Karena walau bagaimanapun kepemimpinan seseorang di suatu wilayah akan menentukan bagaimana kondisi dari wilayah tersebut. Terutama menyangkut berhasil atau tidaknya pemimpin tersebut, dengan potensi dan kemampuannya, bisa membuat sebuah formula dalam memanfaatkan semua potensi yang dimiliki Kabupaten Bekasi. Lalu menjadikan daerah ini menjadi sebuah wilayah dengan kondisi masyarakat sejahtera di segala bidang atau lini kehidupan. Terutama yang menyangkut dengan kepentingan hidup orang banyak. Harapan untuk itu terus ada. Semoga nanti kabupaten ini mendapat pemimpin yang bisa lebih memajukan wilayah Bekasi secara keseluruhan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button