Beauty & Health

Jenis Lavender Untuk Mengusir Nyamuk

Lavender yang Bukan Lavender

Jenis Lavender Untuk Mengusir Nyamuk. “Ini lavender bu, pengusir nyamuk. Cukup ditaruh di ruangan, nyamuk
kabur. Daripada pakai lotion lavender, mending tanaman aslinya.” Begitu ujar salah satu pedagang di salah satu stan pameran flora fauna. Mereka menawarkan tanaman yang diklaim sebagai anti-nyamuk. Ibu-ibu pun terpikat. Tanaman ‘lavender’ pun diborong dengan jaminan nyamuk akan kabur dari ruangan.

Tetapi jangan heran, ketika tanaman itu diletakkan di ruangan tak seekornyamuk pun merasa terusik. Bahkan tanaman itu menjadi rumah baru bagimserangga penghisap darah itu. Pantas saja, karena tanaman yang dibeli bukanlah lavender si anti-nyamuk yang terkenal itu, melainkan Angelonia sp.

Lavender (Lavandula spp.) masih jarang ditanam di Indonesia. Hanya sebagian kecil orang yang mencoba menanamnya, itupun sebagai tanaman koleksi. Karena lavender membutuhkan suhu yang sejuk.

Di negeri empat musim macam Jerman dan Perancis, lavender menjadi tanaman lansekap layaknya Angelonia di Indonesia. Sementara untuk menanam lavender di Indonesia, dibutuhkan ketinggian tempat minimal 500m diatas permukaan laut. Itupun jarang muncul bunga.

ladybug-lavender

foto from pixabay.com

Angelonia Bukan Lavender untuk Mengusir Nyamuk

Berbeda dengan lavender, Angelonia atau ‘lavender palsu’ ini bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Semakin tinggi, warnanya semakin keluar. Marga Angelonia terdiri dari 30 spesies. Yang terkenal adalah Angelonia angustifolia.

Namanya diambil dari kata angelon, sebutan untuk bunga ini di Amerika Selatan. Sedangkan nama ilmiahnya berasal dari bahasa
latin angustus (sempit) dan folius (daun). Tanaman asli Meksiko dan India bagian barat ini mempunyai daun panjang dan sempit. Panjang daun antara 5 – 7,6 cm. Batangnya tidak berkayu dengan tinggi sekitar 30,5 cm.

Bunga tumbuh dari ketiak daun, berupa bunga tunggal alias satu kuntum masing-masing tangkai bunga. Sementara bunga bisa tumbuh di sepanjang batang sehingga nampak memanjang sebagaimana posisi bunga padalavender. Di bagian tengah bunga terdapat warna putih, sementara mahkota bunga berupa helaian tipis berjumlah 5 helai.

Angelonia angustifolia mempunyai varian banyak sekali. Misalnya Angel Mist Lavender Pink, Angel Mist Purple Stripe, Angel Mist Series, Angel Mist White. Sedangkan hibridanya antara lain Angelface Blue, Angelface Blue Bi-colour, Angelface White.

angelonia-bukan-lavender
Bunga Angelonia Untuk Tanaman Hias

Hanya karena bunganya sama-sama berwarna ungu dan bentuk bunganyapun mirip, makanya orang-orang mengira itu lavender. Padahal dari segi manfaatnya hingga saat ini Angelonia hanya digunakan sebagai tanaman hias. Famili Scrophulariaceae ini tahan sinar matahari langsung, sehingga bagus untuk tanaman lansekap dan pot-plant. Bunganya menyala dan tanaman yang rimbun bagus digunakan sebagai bedding plant (tanaman hamparan). Bunga maupun tanamannya tidak beraroma khusus, sehingga
nyamuk tidak akan bereaksi terhadap tanaman tersebut.

Lavender Asli Beraroma Wangi

Berbeda dengan ‘lavender palsu’, Lavender Asli Beraroma Wangi baik bunga, daun dan akarnya. Lavender termasuk dalam marga Lavandula. . Ada 25-30 spesies lavender yang tergabung dalam marga ini, ditambah lagi dengan hasil silangan dan variannya. Famili Lamiaceae ini menyebar dari Mediterania hingga India. Bunganya berwarna ungu, pink dan ada yang putih mengumpul di bagian ujung batang membentuk susunan memanjang. Antar kuntum bunga tersusun rapat tanpa ada celah helaian daun seperti Angelonia.

Jenis Lavender Untuk Mengusir Nyamuk
Lavender

Lavender yang umum digunakan sebagai anti nyamuk yaitu Lavender angustifolia varietas Vera dan Munstead. Tanaman tersebut mengandung senyawa volatil (senyawa yang mudah menguap) terutama citronela yang bersifat atraktan. Cara kerja atraktan adalah menarik nyamuk untuk mendekat. Aroma citronela disukai oleh nyamuk namun membuat nyamuk menjadi teler atau bahkan mati. Senyawa inilah yang diekstrak untuk membuat lotion anti-nyamuk. Dan aman untuk kulit tubuh manusia.

Demikianlah perbedaan antara Lavender dengan Angelonia atau si lavender palsu. Jadi jangan mudah tertipu ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button