Posts
Trending

Coffee Maker | Memilih Mesin Pembuat Kopi

coffee-maker

Tips Memilih Mesin Pembuat Kopi yang Paling Tepat

            Mesin pembuat kopi atau Coffee Maker kini bukan lagi barang wah yang hanya dimiliki oleh para pemilik kedai kopi. Anda juga bisa memilikinya jika mau.

Kini sudah tersedia di pasaran beraneka jenis Coffee Maker dengan harga yang bervariasi. Dengan berbagai fungsi coffee maker. Pun dengan bentuk dan cara kerjanya. Tentunya sebagai pencinta kopi ini adalah salah satu angin segar yang tidak boleh dilewatkan.

Ada beberapa tips untuk memilih mesin pembuat kopi yang paling cocok dengan Anda,

Sesuai Selera

Membeli mesin kopi tentunya untuk mempermudah Anda untuk menyediakan kopi favorit Anda setiap hari bukan? Itulah sebabnya Anda harus pilih mesin yang sesuai dengan selera minum kopi Anda.

Jika Anda suka kopi espresso maka pilih mesin khusus untuk espresso. Jika suka dengan kopi yang bervariasi, mesin kopi espresso yang dilengkapi pembuat kopi latte dan cappuccino tentunya bisa menjadi pilihan.

Kapasitas yang Sesuai dengan Kebutuhan

 Jika Anda hanya memerlukan mesin kopi yang hanya akan digunakan untuk 1 atau 2 gelas cangkir sehari pilihlah yang berkapasitas kecil. Lain halnya jika Anda sekeluarga adalah pencinta kopi atau untuk di kantor maka Anda pilih mesin berkapasitas besar. Selain lebih efisien Anda lebih mudah menyajikan kopi untuk jumlah yang banyak.

Harga Sesuai Budget

Pilih Mesin kopi sesuai budget anda. Tidak perlu membeli yang terlalu mahal yang diperuntukan untuk cafe, coffee shop atau restaurant, apabila hanya untuk pemakaian sehari-hari di rumah.

Memilih Coffee Machine dengan Penggiling Biji Kopi

            Pencinta kopi sejati biasanya memiliki lidah yang lebih peka terhadap berbagai citarasa kopi. Jika Anda sudah pada level ini, level penikmat kopi, tidak ada salahya memilih mesin kopi yang dilengkapi penggiling.

Anda bisa membuat secangkir kopi from the scratch, dari biji kopi pilihan. Lalu anda giling dengan mesin kopi. Jadi tidak lagi resep kopi yang dibuat berasal dari kopi bubuk kemasan.

Mesin ini akan membantu Anda untuk mendapatkan citarasa terbaik dari biji kopi yang Anda pilih. Rasanya lebih fresh. Dengan begitu Anda akan lebih puas dalam menikmati secangkir kopi yang Anda buat sendiri dari bijinya.

Pilih Coffee Maker Merek yang Sudah Anda Percaya

            Karena mesin ini akan Anda gunakan setiap hari maka pastikan mesin yang Anda pilih adalah produk dengan merek yang sudah terpercaya. Dengan begitu Anda mengetahui kualitasnya sejauh mana. Termasuk garansi dan kemudahan mendapatkan spare part jika terjadi kerusakan.

Mesin Ripples membuat anda bebas berkreasi

            Kini saatnya Anda pilih mesin pembuat kopi yang mana yang tepat untuk Anda. Jangan sampai Anda salah pilih, apalagi jika untuk membeli coffee maker ini Anda harus merogoh kocek yang sangat dalam.

Setelah membeli mesin pembuat kopi yang sesuai, saatnya menikmati kopi buatan anda sendiri. Bagaimana cara minum kopi yang tepat?

Cara Tepat Minum Kopi

            Pro kontra kebiasaan minum kopi bisa diatasi jika Anda tahu cara tepat minum kopi. Tepat, karena dapat membuat Anda merasakan banyak khasiat dari kopi yang terkenal sebagai rajanya kafein.

Telah banyak survey yang dilakukan yang menyatakan bahwa kebiasaan minum kopi dapat mengurangi resiko beberapa penyakit degeneratif. Salah satu alasannya karena kandungan antioksidan pada kopi jauh lebih besar dari buah atau sayuran manapun.

            Sedangkan survel lain menyatakan pula bahwa kopi berbahaya terutama untuk kaum wanita yang sedang mengandung. Mulai dari resiko janin yang kekurangan berat badan hingga keguguran.

Rupanya ada tips nya bagaimana agar kopi dapat lebih memberikan manfaat dibandingkan efek negatifnya. Jawabannya tentu cara minum kopi yang tepat seperti berikut:

Hindari Menambah Gula atau Pemanis Buatan

            Kopi yang paling baik adalah kopi hitam. Jika ingin menambahkan pemanis Anda bisa gunakan yang alami seperti sirup maple atau madu. Hindari minum kopi yang sudah diolah menjadi latte, cappuccino, frappucino, dll. Terutama jika anda sedang diet. Alasannya karena jenis kopi-kopi tersebut mengandung banyak kalori.

Hindari Krimer

            Memang mantap rasanya jika Anda bubuhkan krimer pada kopi hangat Anda. Namun sayangnya tidak baik untuk kesehatan. Jika sangat ingin menggunakan krimer hendaklah pilih yang terbuat dari santan kelapa. Selain lebih sehat Anda tidak menambah gula di tubuh Anda seperti jika Anda menggunakan krimer yang terbuat dari gula jagung.

Beri Tambahan Berkhasiat

            Jika ingin memberi tambahan untuk menambah rasa nikmat pada kopi pilih bahan-bahan yang bekhasiat. Contohnya yaitu kayu manis, jahe, dll.

Pastikan Peralatan yang Digunakan Bersih

            Kebersihan alat yang digunakan untuk mengolah kopi selain dapat memastikan rasa kopi tidak terkontaminasi. Alat yang bersih juga untuk menghindari masuknya bakteri atau kuman pada kopi.

Dengan begitu pastikan selalu untuk selalu mencuci bersih peralatan wajib yang digunakan dalam membuat kopi.  Termasuk coffee maker yang digunakan. 

Gunakan Air Berkualitas Baik

            Untuk mendapatkan performa yang maksimal dari kopi yang akan diminum, sebaiknya seduh menggunakan air yang berkualitas baik. Setelah itu, jangan lupa untuk memasaknya terlebih dahulu hingga benar-benar mendidih.

            Dengan cara tepat minum kopi kini Anda bisa tenang dalam melakukan kebiasaan minum kopi Anda. Tentunya dengan mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan buruk dalam minum kopi menjadi kebiasaan yang sehat.

Mitos Tentang Kopi

            Mitos tentang kopi rupanya masih banyak yang dipercaya hingga saat ini. Padahal sudah banyak penelitian yang mengungkapkan fakta yang sebenarnya yang memecah mitos-mitos tersebut. Bagi pencinta kopi tentu ini menjadi hal penting yang wajib diketahui. Untuk itu mari kita kupas 5 fakta pemecah mitos minum kopi ini.

  1. Kopi Menyebabkan Insomnia

            Faktanya mereka yang terbiasa minum kopi secara rutin tidak mengalami insomnia. Justru mereka yang jarang mengonsumsi kopi yang sering terkena efek ini. Itulah sebabnya untuk mengatasinya sebaiknya Anda tidak minum kopi setelah jam 5 sore. 

2. Tidak Boleh Minum Kopi Jika Sedang Berobat

            Kandungan kafein memang dapat melemahkan kerja beberapa jenis obat seperti obat anti-depresi, obat tidur/obat bius, atau obat stress. Namun hal ini baru berlaku bila konsumsi kopi dilakukan dalam jumlah besar. Sementara untuk obat jenis lain tidak berpengaruh, apalagi jika hanya 1 atau 1 cangkir saja.

3. Kopi dapat Memulihkan Seseorang yang sedang Mabuk

            Faktanya kafein tidak dapat mengubah berbagai gangguan akibat pengaruh alkohol yang berlebihan. Kopi hanya akan membuat orang yang mambuk tetap terjaga bukan membuat mereka menjadi lebih tenang.

4. Kopi Membuat Ketergantungan

            Faktanya ini tergantung pada sensitivitas setiap orang pada kafein. Jangankan kopi, jika seorang individu memang memiliki sensitivitas untuk kecanduan, 3 gelas minuma cola juga sudah dapat membuatnya kecanduan. Sebaliknya jika seseorang tidak memiliki sensitivitas yang tinggi untuk kecandua maka bergelas-gelas kopi yang ia minum tidak berpengaruh apapun untuknya.

5. Kafein Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

            Faktanya pada orang sehat tingkat konsumsi kopi sedang tidak memiliki efek yang buruk terhadap jantung. Hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minum kopi dengan serangan jantung. Justru sebaliknya minum kopi dalam jumlah tertentu justru dapat mengurangi resiko orang yang sehat terkena resiko serangan jantung.            

Itulah beberapa fakta yang memecah mitos tentang kopi. Semoga dapat membuka mata Anda mengenai kebenaran dibalik mitos-mitos tentang kopi yang Anda percaya selama ini. Satu hal penting yang harus diingat bahwa apapun yang berlebihan akan menimbulkan akibat yang tidak baik. Jangan salahkan kopi!*

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker