Blog

  • Photo of Back to Bandung, Bukan Jalan-Jalan

    Mendadak harus keluar kota! yup, itu bukan hal aneh buatku. Tambah usia, tambah banyak urusan pekerjaan. Dinikmati ajalah yaa.. tiba-tiba harus back to Bandung, yang bukan jalan-jalan liburan. Tapi teteup ngurus proyek kerjaan. Hmm.. nggak mungkin juga ya ke Bandung tanpa wiskul.. biar judulnya kerja pasti tetep ada wiskul dan halan halan buatku sih. Bandung kota yang dekat siy dari Jakarta sini, tapi karena berada di kaki gunung, udara Bandung dan suasana kotanya asik untuk wisata. Usia produktif masih wara wiri, hayuks aja.. mumpung belum pensiun. Duh, emang umur berapa siy aq niy.. udah ngomongin pensiun haha.. . Yang pasti kadang aq merasa sudah tua karena anakku sudah 3 dan beranjak dewasa. Naik Kereta lanjut Sewa Mobil Biasanya, kalo urusan kerjaan kantor yang bisa terjangkau naik mobil, ya kami pakai mobil. Tapi kali ini beberapa stafku ingin mencoba ke Bandung naik kereta. Mereka berasal dari Jawa Tengah, dan belum pernah ke Bandung naik kereta. Kebetulan, kata suami,…

    Read More »
  • Photo of Tradisi Meramal dengan Ampas Kopi

                Meramal dengan ampas kopi akhir-akhir ini nampak mulai populer di kalangan selebriti. Padahal kebiasaan ini sudah dikenal cukup lama oleh para penduduk Manggarai, Flores. Salah satu manfaat ampas kopi buat mereka ya dipakai meramal. So guys… selain enak untuk diminum, kopi punya manfaat juga untuk kesehatan, kecantikan bahkan kopi untuk inspirasi penulis. Lanjut lagi untuk mempererat keakraban, makanya kalau hangout banyak yang sambil ngopi, eh ini ada satu lagi.. untuk meramal nasib. Bukan hanya di Flores, sebenarnya di Luar Negeri juga mengenal tradisi meramal ini. Akan kita bahas lain waktu ya negara mana aja yang suka manfaatkan ampas kopi untuk meramal. Meramal?? Ngapain juga ya kok membahas tentang ramal-meramal, bukan melamar #eh haha. Sebenarnya meramal ini di kalangan masyarakat Indonesia perkotaan sering menimbulkan pro dan kontra. Karena sebagian mengatakan tak ada manfaat, dan syirik. Bahkan ada yang mengharamkan. Untuk yang tidak setuju dengan ramalan ya tidak apa. (termasuk saya sebenarnya siy). Anggaplah ini sebatas pengetahuan dan…

    Read More »
  • Photo of Proses Kopi Luwak

    Proses Pembuatan Kopi Luwak Secara Alami             Proses pembuatan kopi luwak yang tidak sebentar serta keunikan adalah beberapa faktor yang membuat kopi luwak ini menjadi kopi yang termahal di dunia. Kali ini aq akan kasih gambaran singkat seperti apa Proses Kopi Luwak ini. Tentu Anda penasaran bukan dengan proses pembuatannya? Kali ini kita bahas ya mengenai pembuatan terjadinya kopi luwak yang tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga di dunia. Ini adalah proses pembuatan kopi secara natural yang melibatkan musang luwak. Civet – Musang Luwak Sudah pada tahu semua kan yaa.. kalau kopi luwak berasal dari kotoran hewan musang Luwak. So, terkadang masih ada pro kontra mengenai kopi luwak haram atau halal. Back to the topic. Diawali dengan menanam kopi kualitas baik di perkebunan kopi. Lalu saatnya panen kopi, saatnya musang luwak untuk makan biji kopi. Silakan simak alurnya seperti dibawah ini ya. PROSES KOPI LUWAK Panen Kopi             Perkebunan kopi yang buahnya sudah merah adalah pertanda…

    Read More »
  • Photo of 4 Manfaat Buah Limau untuk Kecantikan

                Manfaat buah limau untuk kecantikan ternyata bukan isapan jempol semata. Selain dipakai untuk bahan masakan atau bahan tambahan makanan, jeruk limau punya manfaat lain. Ini sudah terbukti dengan banyaknya buah Limau digunakan menjadi berbagai campuran kosmetik. Mulai dari pembersih wajah, pelembab, sabun mandi, dll. Harum buah limau mempunyai aroma yang tajam tapi segar. Kesegaran aromanya banyak disukai orang dewasa. 4 Manfaat Buah Limau untuk Kecantikan Mengatasi Jerawat             Kulit berjerawat tentu merupakan masalah yang kerap kali dialami oleh semua orang. Terutama Anda yang memiliki kulit yang cenderung berminyak. Salah satu perawatan alami yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan stok buah limau di rumah. Caranya Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan air perasan jeruk limau yang masih segar dengan madu sebanyak 1 sendok teh saja. Campurkan keduanya dengan rata lalu oleskan ke seluruh wajah terutama pada bagian wajah yang berjerawat. Menghilangkan Noda pada Wajah             Noda pada wajah akibat usia atau pengaruh buruk sinar matahari tentu sangat…

    Read More »
  • Photo of Antara Jakarta Bekasi Sama Sibuknya

    Hari ini aq masih mau bahas tentang Bekasi. Beberapa waktu lalu sudah pernah ya, kuceritain tentang Kabupaten Bekasi. Bagaimana perkembangan Kabupaten Bekasi dulu dan kini. Kalau dulu Bekasi merupakan satu wilayah besar, sejak tahun 1997 lalu sudah dipecah dua menjadi kota Bekasi dan kabupaten. Saat itu berdirilah kota Bekasi. Masa kecilku di Jakarta lalu setelah beberapa tahun menikah, pindah ke Bekasi, lalu balik lagi ke Jakarta. Ternyata Antara Jakarta Bekasi Sama Sibuknya. Akrab bangeud akuh dengan Bekasi ini. Resmi menjadi warga Bekasi tidak lama setelah menikah, aq ganti KTP DKI Jakarta menjadi KTP kota Bekasi sekitar tahun 2000an. Sebetulnya, rumahku itu daerah perbatasan, istilah temanku itu “Jakarta Coret” karena tidak jauh dari Jakarta Timur. Jadi masih serasa warga Jakarta walau di KTP itu Bekasi haha… kerja juga masih di Jakarta. Cuma, ketika beberapa tahun lalu aq dapat proyek di Area Kabupaten Bekasi. Mengharuskan aq wara-wiri dari Bekasi kota menjelajah tiap sudut kabupaten. Hotel, Komplek Perumahan, Apartemen, tempat…

    Read More »
  • Photo of Asam Manis Pedas Kombinasi Favorit Masakan Khas Palembang

    Teringat seorang sahabat senior di kampus dulu, Kemas, yang berasal dari Palembang, sama denganku. Pada suatu sore, aq mau beli Soto Mie di ujung gang dekat kost. Lalu aq tawarkan ke dia, mau nitip nggak?, “mau…!” jawabnya. “Pedas?” lanjutku, “asam manis pedas, ya selera Palembang deh.. lo tahu kan..!?!” jawabnya sambil ketawa. Masakan khas Palembang kebanyakan kombinasi dari rasa Asam Manis Pedas. Seperti Cuko pempek. Ya, aq dan dia sama-sama berasal dari Palembang, walaupun kita besar di Jakarta. Tapi kedua orang tua dari Palembang. Inilah yang membuat kami berdua akur bersahabat sampai lama. Mulai aq jadi mahasiswa baru, orientasi, Kemas banyak membantu aq menemukan barang-barang kebutuhan orientasi karena aq belum terlalu mengenal daerah Depok saat itu. Walaupun Soto Mie asalnya bukan dari Palembang, tapi dari Bogor. Ada juga yang dari Betawi. Soto mie Bogor atau Soto mie Betawi, tapi racikannya cocok sama lidah Palembang. Bahan dasar soto yang gurih, biasanya ditambahkan beberapa tetes cuka dan kecap yang…

    Read More »
  • Photo of Berhemat Naik Shuttle Bus Big Bird

    Duh, emak rempong harus bepergian sendirian lagi nih. Biasanya kalau mendadak pergi ke luar kota, ada staf kantor yang antar ke bandara. Secara belum punya sopir pribadi lagi. Kalau diluar jam kerja, pak suami yang antar. Dan kali ini tidak ada yang available, *duh nangis bombay lebay haha… . Saran seorang teman, aq bisa naik Shuttle Bus Big Bird. Mendadak Palembang Berawal dari seorang family yang nelpon kasih tahu kondisi rumah di Palembang. Ternyata rumah di sana butuh perbaikan, karena ada beberapa bagian rumah yang sudah rusak. Ya maklumlah, rumah ini tidak ditempati. Aq harus melakukan pengecekan apa saja yang rusak dan estimasi biaya renovasi. Selanjutnya bisa dibantu sama my family disana. Setelah kakek dan nenek meninggal rumah ini kosong. Hanya dititipkan ke family yang rumahnya tidak jauh dari situ. Tadinya dengan tanah yang cukup luas, aq berniat menjadikan rumah ini penginapan. Beberapa teman arsitek dan teknik sipil sudah tertarik membantu. Kami akan buat konsep penginapan tradisional.…

    Read More »
  • Photo of Kabupaten Bekasi Dulu dan Kini 

    Beberapa tahun saya tinggal di Bekasi dan menjadi warga Bekasi. Karena wilayah Bekasi yang luas, kemudian dipecah dua menjadi Bekasi Kota dan Bekasi Kabupaten. Saya tinggal di wilayah Bekasi Kota. Sekarang sudah pindah balik ke Jakarta. Tapi saat ini yang mau saya bahas adalah tentang kabupatennya. Berbicara Kabupaten Bekasi dulu dan sekarang sepertinya tidak akan pernah mudah untuk dijabarkan. Walaupun jika kita lihat sekilas, pembangunan memang terjadi di mana-mana. Perubahan bangunan yang satu ke bangunan yang lainnya selalu terjadi dari waktu ke waktu. Komplek-komplek perumahan yang satu disusul dengan perumahan yang lain. Gedung yang satu sudah ditambah dengan puluhan gedung-gedung lainnya yang tak kalah tinggi dan megah. Apartemen yang satu tumbuh disusul dengan apartemen lainnya. Dan banyak fasilitas lain yang membuat Kabupaten ini terlihat lebih modern. Tapi mari kita lebih dekat. Apakah pembangunan ini bisa menjadi representasi bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi sudah sejahtera? Jawabannya, belum. Bagaimana pelayanan kesehatan yang masih memprihatinkan, pendidikan yang belum sepenuhnya dapat dinikmati…

    Read More »
Back to top button