Posts

Bosen di Rumah, Ngapain ya?

   Sudah hampir 3 bulan sejak pengumuman resmi bahwa coronavirus telah bertansmisi lokal di Indonesia. Jumlah pasien positif sampai saat ini terus meningkat.

   Coronavirus ini merupakan virus yang menyerang pernafasan, guys. Gejala yang muncul ketika terkena virus ini antara lain pilek, demam, sakit kepala, serta batuk hingga sakit tenggorokan. Infeksi virus ini juga bisa meningkat menjadi bronchitis dan pneumonia. Gejala yang muncul menjadi lebih parah seperti batuk berlendir, nyeri dada, demam yang lebih tinggi, dan sesak nafas.

   Coronavirus menular lewat percikan air liur pengidapnya. Kita juga bisa tertular jika menyentuh tangan atau wajah pengidap.

   Lewat barang pun bisa. Misalnya kita pegang barang yang sudah terkena coronavirus, terus setelah itu kita pegang mata, hidung, atau mulut kita.

Jadi kita harus hati-hati banget sebelum menyentuh apapun.

Langkah-langkah Pencegahan

blank

   Nah aku ingetin lagi ya langkah-langkah yang bisa kita lakukan buat mencegah penularan virus ini :

  1. Cuci tangan dengan baik dan benar. Pastiin kedua tangan kita selalu bersih.
  2. Makan makanan yang sehat bergizi, perbanyak makan buah dan sayuran.
  3. Jangan lupa gunakan masker (walaupun cuma ke depan rumah).
  4. Hindari menyentuh barang-barang dari luar.
    β€œTapi kan ga mungkin ga beli apapun?”
    Solusinya, sebelum kita buka dan pakai barang-barang tsb. jangan lupa disemprot disinfektan dulu. Atau bisa juga di lap dengan tisu basah antiseptic.
  1. Hindari menyentuh hewan atau unggas liar. Karena hewan pun bisa juga jadi carrier coronavirus ini, lho.
  2. Hindari kontak dengan orang yang sakit.
  3. Jika batuk dan bersin, jangan lupa ditutup dengan tisu dan langsung dibuang ke tempat sampah.
  4. Pertahankan daya tubuh dengan mengonsumsi vitamin.

   Di samping semua hal di atas, langkah paling aman tentunya kita jangan kemana-mana. Aku dan keluarga pun turut melakukan karantina di rumah. Walaupun kadang ngerasa bosen di rumah alias pengen jalan-jalan, kami tetep sabar di rumah aja. Selain demi menjaga diri dan keluarga, kita membantu mengurangi resiko penyebaran juga, kan.

   Ngomong-ngomong soal karantina, kebanyakan anak muda jaman sekarang pada bosen di rumah. Bahasa kekinian-nya gabut, alias ga ada kerjaan, bingung mau ngapain. Akhirnya setiap hari cuma tidur, buka sosmed, nonton film, atau main games. Wajar kan kalo jadi jenuh.

   Nah, kalo ngomongin soal tips biar ga bosen di rumah sebenernya banyak. Tapi kuncinya cuma satu; Jangan Mager. Haha. Kalau kamu termasuk kaum mager atau kaum rebahan, coba deh sesekali cari kegiatan supaya lebih produktif.

Ngapain aja di rumah?

   Hal pertama dan utama tentunya kewajiban kita. Bagi yang WFH, jangan lupa tetep semangat buat selesain kerjaannya. Buat yang masih sekolah, tetep rajin belajar dan kerjain tugas-tugasnya. Jangan karna di rumah jadi terlalu santai, terus ujungnya ketiduran. Hehe.

   Kedua, cari kegiatan yang sesuai hobi. Hobi masing-masing orang pasti berbeda kan. Yang suka berkebun bisa mulai menanam bunga di pot, yang suka musik bisa latihan main instrument. Ga perlu disebutin satu-satu, kebanyakan. Haha. Kalau ngomongin hobi itu kan luas banget. Ada yang suka menggambar, ada yang suka menulis, ada yang suka bikin kerajinan tangan. Jadi intinya apapun hobinya, waktu luang di rumah ini bisa dimanfaatin buat menyalurkan minat bakat dan meningkatkan skill juga. Asik.

   Ketiga, jangan lupa tetep olahraga rutin. Selain menjaga stamina, kita juga jadi lebih semangat aktifitas di rumah. Gak perlu punya alat-alat gym pribadi kok, bisa olahraga seperti push-up, sit up dkk. Bisa juga senam, zumba, dan sederet workout lainnya. Hari gini kan tinggal cari di internet aja, buanyak deh tutorial buat olahraga.

   Yang namanya olahraga perlu juga diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

   Nah karna kita sebaiknya di rumah aja, ga perlu repot-repot ke apotek buat beli obat dan vitamin. Tinggal pesen aja lewat aplikasi Halodoc. Bahkan kita bisa upload resep juga buat order obatnya.

   Di Halodoc ga cuma bisa pesen obat aja lho, bisa tanya jawab langsung sama dokter juga. Jadi kita ga misinformed karna bisa nanya langsung sama dokter. Banyak deh fiturnya. Mulai dari reminder buat jadwal minum obat, sampai bisa cek lab dari rumah juga! What?

   Dan buat kalian yang mau cari tau info apa aja seputar kesehatan, bisa langsung buka Halodoc juga. Di sana banyak artikel-artikel tentang kesehatan. Lengkap banget parah, kan? Hehe.

   Di masa pandemic kaya gini kita perlu banyak wawasan dan ilmu, guys. Jadi jangan males buat selalu mencari tahu. Jangan lupa juga terus jaga kesehatan diri dan keluarga. Semoga ini semua dapat kita lewati bersama. Stay safe, ya. πŸ™‚

Related Articles

One Comment

  1. Yes, insyaAllah aku waspada di tengah pandemi, ikut anjuran di rumah saja, nggak mudik, silaturahmi virtual, dan menjaga kebersihan semuanya, kalau kepepet harus keluar rumah utk belanja bahan makanan wajib pakai masker, cuci tangan dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

COVID-19

Corona Virus is impacting the world