Beauty & HealthLifestylePosts

Bahaya Kopi untuk Ibu Hamil – Hati Hati Konsumsi Kopi

            Bahaya kopi untuk ibu hamil sudah menjadi sebuah bahasan wajib antar ibu-ibu hamil. Apalagi mereka yang tengah mengalami kehamilan anak pertama mereka. Tentunya sangat menjaga jangan sampai janin yang mereka kandung atau bahkan kehamilan mereka membahayakan.

Tidak hanya untuk janin tapi juga keselamatan dan kesehatan Ibunya. Dan ini memang bukan lagi sebuah mitos melainkan fakta yang memang sudah diuji hingga menjadi salah satu poin yang menjadi peringatan para dokter kandungan untuk pasien-pasien mereka.

Kopi adalah minuman yang digemari banyak sekali orang di seluruh penjuru dunia. Sebenarnya banyak juga manfaat dan khasiat kopi. Tapi juga ada bahayanya pada orang tertentu.

Tiap tubuh manusia itu unik, mempunyai metabolisme yang berbeda. Juga penyerapan yang berbeda-beda pada tiap kondisi tubuh. Ada yang tahan ada yang tidak tahan dengan kafein dari kopi.

Kembali ke topik awal, yang kita bahas kali ini adalah potensi bahaya minum kopi bagi ibu hamil. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter anda, berapa banyak yang bisa anda konsumsi. Atau mungkin dokter menyarankan tidak mengonsumsi kopi sama sekali selama 9 bulan masa kehamilan.

6 Potensi Bahaya Kopi untuk Ibu Hamil

Bahaya Kopi untuk Ibu Hamil

Terhambatnya Pertumbuhan Janin

            Kalsium yang dibutuhkan janin biasanya tidak dapat diperoleh maksimal akibat kebiasaan Ibu hamil minum kopi.

Sehingga secara otomatis tumbuh kembangnya berpotensi terhambat. Kelambatan tumbuh kembang ini akhirnya berdampak pada masa kehamilan yang menjadi lebih panjang, karena bayi memang belum siap untuk dilahirkan.

Mulai dari ketahanan fisik bayi, berat badan bayi, dll. Jika terpaksa dikeluarkanpun maka beratnya kurang hingga memerlukan perawatan intensif.

Bisa Mengurangi Berat Badan Bayi

            Kafein yang terdapat dalam kopi dapat menghambat pertumbuhan janin. Ini telah diteliti para ilmuwan dengan mengumpulkan informasi dari 60.000 kehamilan selama lebih dari 10 tahun.

Hasilnya menyatakan bahwa berat badan bayi ketika lahir berkurang hingga 28 gram akibat sang Ibu meminum secangkir kopi setiap hari.

Ibu Hamil Cenderung Mengalami Dehidrasi

            Secara alami semakin tua kehamilan sang Ibu makan semakin sering juga frekuensi buang air kecilnya karena saluran kencing tertekan oleh keberadaan janin yang semakin ke bawah.

Kebiasaan minum kopi menambah intensitasnya. Kopi mempunyai efek diuretik seperti halnya minum teh. Hingga kemungkinan ibu hamil dapat mengalami dehidrasi yang dapat membahayakan Ibu dan janin.

Tekanan Darah Tinggi

            Efek lainnya tentu membuat darah semaikin kental hingga tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Hipertensi pada saat kehamilan tidak hanya dapat membahayakan janin tapi juga keselamatan sang Ibu.

Karena bisa jadi proses kelahiran harus dipercepat demi penyelamatan kedua nyawa ini.

Keguguran

            Efek terparahnya tentu keguguran. Duh.. amit-amit ya.. semoga anda semua tidak mengalami hal ini. Keguguran bisa dialami oleh Ibu hamil. Terutama di usia kehamilan muda. Trimeseter pertama kehamilan.

Itulah sebabnya ada baiknya kehamilan segera diketahui agar Ibu bisa mempersiapkan nutrisi dan menghindari berbagai hal yang membahayakan kehamilannya. Termasuk bahaya kalau keseringan minum kopi untuk ibu hamil ini.***

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button