BlogFoods

Asam Manis Pedas Kombinasi Favorit Masakan Khas Palembang

Teringat seorang sahabat senior di kampus dulu, Kemas, yang berasal dari Palembang, sama denganku. Pada suatu sore, aq mau beli Soto Mie di ujung gang dekat kost. Lalu aq tawarkan ke dia, mau nitip nggak?, “mau…!” jawabnya.
“Pedas?” lanjutku, “asam manis pedas, ya selera Palembang deh.. lo tahu kan..!?!” jawabnya sambil ketawa. Masakan khas Palembang kebanyakan kombinasi dari rasa Asam Manis Pedas. Seperti Cuko pempek.

Ya, aq dan dia sama-sama berasal dari Palembang, walaupun kita besar di Jakarta. Tapi kedua orang tua dari Palembang. Inilah yang membuat kami berdua akur bersahabat sampai lama. Mulai aq jadi mahasiswa baru, orientasi, Kemas banyak membantu aq menemukan barang-barang kebutuhan orientasi karena aq belum terlalu mengenal daerah Depok saat itu.

Walaupun Soto Mie asalnya bukan dari Palembang, tapi dari Bogor. Ada juga yang dari Betawi. Soto mie Bogor atau Soto mie Betawi, tapi racikannya cocok sama lidah Palembang. Bahan dasar soto yang gurih, biasanya ditambahkan beberapa tetes cuka dan kecap yang disediakan si abang soto. Lalu kasih sesendok teh sambal, jadilah asam manis pedas. Ini jenis rasa favorit akuh secara akuh memang orang Palembang walau puluhan tahun sudah hijrah ke Jakarta. Lidahnya ya masih lidah Palembang.

Asam Manis Pedas Kesukaan Orang Palembang

Makanan yang paling terkenal dari Palembang itu pempek. Hampir semua orang Indonesia kenal pempek. Karena memang sudah ngetop seluruh endonesah raya kan yaa. Paling top itu pempek kapal selam. Adonan ikan dibuat menyerupai kapal selam atau cangkang kerang trus diisi telur utuh. Pempek yang aslinya terbuat dari ikan Belida itu rasanya gurih, tapi cocolan pendampingnya Cuko itu ya asam manis pedas. Tidak afdol kalo makan pempek tanpa cuko.

Cuko atau Cuka pempek terbuat dari larutan gula merah, ebi atau udang kering, cuka masak untuk cita rasa asam atau bisa diganti dengan asam jawa. Jadi selain asam manis pedas, ada nuansa savory dari penambahan ebi ini. Cita rasa seperti inilah yang paling nampol buat orang Palembang.

Seperti di daerah lain, misalkan Padang, kecenderungan masakan khasnya bernuansa Asin gurih Pedas, ada sedikit asam dari penambahan asam kandis. Buah asam yang banyak terdapat di Padang. Kalau di Jawa Tengah, rasa manis lebih dominan. Masakan khas masyarakat disana yang terkenal adalah Gudeg. Sayur nangka yang dimasak dengan bumbu yang manis. Berbagai macam cita rasa masakan Indonesia itu kaya rasa, dan masing-masing daerah punya rasa khasnya seperti Palembang tadi yaitu Asam Manis Pedas.

MASAKAN FAVORIT KHAS PALEMBANG

pempek palembang asam manis pedas
Macam-macam Pempek Palembang

Selain pempek, banyak masakan favorit khas Palembang yang terkenal. Dan tentunya besar masih bercita rasa asam manis pedas. Otak-otak, Tekwan, Model, Pindang Serani, Burgo, Malbi, Rujak Mie, Celimpungan, Laksan, dan masih banyak lagi. Otak-otak, tekwan dan model masih berbahan dasar sama dengan pempek. Utamanya dibuat dari tepung sagu dan ikan. Makin baik kualitas sagu dan makin fresh ikannya, makin enak.Berhubung ikan Belida sudah sulit didapatkan dan harganya cukup mahal, banyak yang mengganti dengan ikan tenggiri atau ikan gabus. Terutama jika mau bikin pempek di luar Palembang, ikan tenggiri jadi andalan karena ikan Belida tidak dapat atau sangat jarang ditemukan di daerah selain Sumatera Selatan.

Pempek pun banyak macamnya. Selain yang terngetop pempek kapal selam, ada pempek lenjer bentuknya seperti silinder. Pempek adaan, pempek keriting, pempek kulit, pempek panggang atau orang Palembang biasa menyebutnya pempek tunu. Untuk yang tidak suka ikan atau mungkin alergi atau vegetarian, ada jenis pempek dos. Pempek ini sangat mirip tekstur kenyalnya seperti pempek biasa tetapi tidak menggunakan ikan sama sekali. Satu lagi disebut godo-godo, mirip bakwan goreng atau bala-bala kalau di Bandung, atau ote-ote kalau di Surabaya. Hanya saja godo-godo menggunakan sedikit sayur atau tanpa sayur sama sekali dan tetap menggunakan cocolan cuka pempek.

Kalau mau diulas akan banyak banget ya.. jenis masakan khas Palembang. Semuanya favorit buatkuh. Nanti lain kesempatan kuulas satu persatu ya. Saat ini aq mau kasih tau tentang masakan lain yang populer di Palembang. Kategori lauk pendamping nasi, tapi tetap bercita rasa asam manis pedas. Bahan dasarnya daging. Kalau pempek dari ikan, yang ini dari daging sapi. Tadi sudah kusebutkan di atas, nama masakannya Malbi.

masakan khas palembang malbi
Malbi cocok disajikan dengan nasi hangat

Malbi daging khas Palembang ini bisa dikata mirip semur di Betawi. Sepertinya semur daging ada di hampir setiap daerah. Hanya saja agak berbeda bahan dan cara masaknya. Di daerah Serang atau Anyer Jawa Barat ada yang namanya Rabeg. Mirip-mirip juga dengan malbi. Hanya saja rabeg sangat kuat bumbu rempahnya dan lebih banyak dimasak menggunakan daging kambing.

Untuk daging yang digunakan pada masakan malbi, bisa daging sapi atau kambing atau daging kerbau. Paling banyak masyarakat sana menggunakan daging sapi. Malbi lebih kental dari semur daging, menggunakan banyak kemiri dan ada yang menambahkan santan kental. Sehingga penampilan mirip rendang hitam tapi cita rasa jauh berbeda.

Malbi merukan masakan sehari-hari orang Palembang. Kalau kami di Jakarta sini yang perantauan, masak malbi hanya untuk acara tertentu saja. Terutama hari raya atau apabila ada acara hajatan. Karena proses masaknya cukup lama, sampai daging empuk dan kuahnya mengental. Penambahan kecap, sedikit gula merah dan sedikit air asam jawa, membuat rasa gurih kemiri berpadu dengan asam manis. Sedikit pedas dari lada atau merica. Karena masakan ini tidak memakai cabe.

 

Kalau mau tau step by step pembuatan malbi daging khas Palembang, beserta resepnya bisa simak video di bawah ini ya.

 

Malbi enak dimakan dengan nasi hangat sebagai lauk makan. Kalau pempek, dimakan sebagai makanan selingan, walau banyak orang palembang makan pempek untuk sarapan. Terdengar aneh untuk orang yang tidak terbiasa, istilahnya “ngirup cuko” atau “nyuko” pagi-pagi. Sebagian orang palembang senang menyeruput kuah cuka, pempek bukan dicocol tapi kuah cukonyo diirup, maksudnya dihirup.

malbi daging palembang
Malbi Daging Masakan Khas Palembang

Okey, untuk kali ini selera rasa favorit orang palembang termasuk aq yaitu asem manis pedes terwakili dengan pempek dan Malbi. Nanti akan aq bahas lagi tentang makanan khas lainnya, asam manis pedas tetaplah yaa.. tapi ada juga sih yang gurih santan. Selain masakan, aq bakal kasih tau juga tentang cemilan, penganan dan oleh-oleh dari bumi Sriwijaya ini. Mungkin kamu sudah tahu tentang lempok semacam dodol dari durian, kerupuk kempelang, kemplang tunu, klempes pisang, dan yang gak kalah unik kue delapan jam. Kue ini dimasak selama 8 jam wow.. lama ya. Ada pula kue lain khas Sumatera Selatan, yaitu Maksuba, Kojo ketan atau lapis ketan, dan sarikaya. Untuk sarikaya masih mudah ditemuin di resto pempek di Jakarta ini.

Bahkan mungkin kalau sempat next time aq bahas juga tentang budayanya, songket khas Palembang, lemari khas palembang dan segala yang berhubungan dengan Sriwijaya. Bagaimana dulu kapal-kapal juga menjadi andalan transportasi disana. Sungai Musi merupakan sungai yang sangat besar bahkan terbesar di Indonesia. Kapal menjadi andalan transportasi untuk lalu lintas perdagangan juga untuk umum. Kakekku menyebutnya sekoci. Jadi. dulu ceritanya kalau mamaku bepergian waktu kecil, naiknya sekoci sebagai penghubung antar kabupaten atau desa. Jalan darat masih sedikit. Pantaslah karena wilayah Sriwijaya memang dahulunya adalah kerajaan Maritim. Jembatan Ampera di sungai musi menjadi landmark di kota Palembang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button